STRUKTUR MATAHARI

Matahari merupakan benda yang menjadi jantung tata surya. Jarak antara bumi dan matahari adalah sekitar 1.496 x 108 km. Struktur  matahari adalah sebagai berikut :

~ Inti bintang : Dimana pada bagian ini belum banyak diketahui tentangnya. Inti matahari merupakan tungku energi nuklir yang sangat padat dan panas luar biasa. Inti matahari adalah tempat terjadinya reaksi termonuklir, tempat hidrogen dibentuk menjadi helium dan diubah menjadi energi dengan suhu kurang dari 20 juta0C. Pada bagian ini atom telah kehilangan elektronnya dan hanya terdiri dari inti atom saja. energi yang berasal dari bintang dialirkan ke permukaan matahari secara konveksi seperti perpindahan panas dalam air mendidih.

~ Fotosfer : Bagian ini tampak seperti piringan emas yang mempunyai suhu lebih kurang dari 60000K. Karena itu lapisan ini merupakan lapisan yang terlihat terang dan bulat. Radiasi yang di pancarkan lapisan ini mempunyai panjang gelombang dari ultraviolet lebih kurang 2.000 A hingga inframerah lebih kurang 10.000 A. Lapiasan ini berupa gas panas dan tebalnya mencapai lebih kurang 100 km. Pada lapisan ini terdapat noda-noda hitam yang terdapat dipermukaan yang disebut dengan sunspot. Sedangkan bagian matahari yang mempunyai cahaya terang  dan terletak diantara sunspot disebut flare. Ledakan-ledakan yang tampak pada sisi matahari yang dimulai dari permukaan fotosfer disebut dengan Prominences.

~ Atmosfer Matahari : Lapisan ini terdapat pada permukaan matahari yang sebagian besar terdiri dari gas hidrogen. Atmosfer matahari terbagi menjadi dua bagian, yaitu kromosfer dan korona. Kromosfer adalah pancaran cahaya yang mengelilingi fotosfer. Kromosfer hanya dapat dilihat melalui teropong. Lapisan bawah yang dinamakan kromosfer ini tingginya lebih kurang sekitar 1.500 km diatas permukaan matahari. Sedangkan korona adalah lapisan yang membentuk lingkaran cahaya putih yang indah yang mengelilingi keseluruhan matahari yang menyerupai mahkota. Lapisan ini mengelilingi lapisan kromosfer. Dan hanya dapat terlihat saat gerhana matahari total terjadi.By(_*Siti Rulia*_)

Sumber : Tim Edukasif HTS. Modul Geografi Untuk SMA atau MA Semester Gasal kelas X. CV Hayati Tumbuh Subur. Surakarta.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar